KARAWANG – Menjadi seorang leader tampaknya bukan suatu yang mudah bagi setiap orang. Akan tetapi hal ini yang ditanamkan oleh para pelatih untuk membentuk karakter calon mahasiswa Akademi Komunitas Toyota Indonesia (AKTI) sebagai seorang leader di masa depan . Bapak Sudiyono bersama dengan 3 orang pelatih lainnya yaitu diantaranya dua orang dari SMA Taruna Nusantara yaitu Bapak Tarkim dan Bapak Kasri serta satu orang dari KOSTRAD 305 yaitu Bapak Sutopo Novianto memberikan materi kepemimpinan dalam bentuk sebuah permainan seusai matrikulasi hari ke – 3 di kampus pada Rabu sore (26/06).

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari (Rabu sampai Jumat). Di hari rabu pukul 16.10 WIB, mereka diajak untuk lari sore di sekitar Toyota Plant #3. Seusai lari, mereka baru diperkenalkan dengan permainan – permainan yang akan melatih kekompakan mereka. Kemudian di Kamis sore, sebelum memulai permainan para calon mahasiswa/i dibagi menjadi beberapa kelompok, masing – masing terdiri dari 6 orang dengan 1 orang sebagai ketua kelompok. Beberapa permainan yang dimainkan antara lain loncat zigzag berpasangan, merayap estafet di atas tikar kardus, membuat jembatan penyebrangan, lompat haling rintang, yel – yel dan kuis, gendong teman bergantian, lempar bola ke ring secara estafet, pukul bola tennis secara cepat, lari zigzag, dan jembatan goyang.

Pada hari Jumat pelatih melakukan evaluasi kegiatan mereka dan menjelaskan bahwasanya permainan – permainan tersebut bukan semata – mata sebuah permainan kegembiaraan saja akan tetapi memiliki makna masing – masing di setiap pelaksanaannya. Diantaranya adalah untuk melatih kerja sama dan kekompakan, kepedulian, pengorbanan, kefokusan, ketelitian dan ketenangan lahir batin di dalam proses menuju kesuksesan sebuah tim.